Konsep Layer pada Map Info

Konsep Layer pada Map Info - Pada saat kita belajar menampilkan data, kita hanya menggunakan satu tabel, satu informasi atau satu layer saja. Tetapi seperti telah disampaikan pada sesi sebelumnya bahwa satu kesatuan peta digital merupakan koleksi dari beberapa layer. Bayangkan saja bahwa setiap layer merupakan satu transparansi yang mengandung satu bagian informasi peta, sedangkan satu peta digital merupakan tumpukan dari beberapa tranparansi, perhatikan gambar di bawah ini.

Gambar 5.1. Peta digital disusun dari beberapa layer.

Untuk memperjelas pemahaman kita tentang konsep layer pada pemetaan digital, kita akan menggunakan contoh data 'Bali' , 'Jalan_Bali', dan 'Kota_Bali' yang disimpan pada folder 'Map Info\Data\Tab' untuk praktek. 'Bali' adalah wilayah Propinsi Bali dengan batas administrasi kabupaten, 'Jalan_Bali' adalah jalan utama di propinsi tersebut, dan 'Kota_Bali' adalah ibukota kabupaten.

Klik menu File - Open atau toolbar Open untuk membuka ketiga file tersebut. Untuk membuka ketiga file sekaligus dalam satu kotak dialog open, klik file pertama, kemudian sambil menekan tombol 'Ctrl' pada keyboard, klik dua file yang lainnya. Kotak dialog tersebut akan nampak seperti pada gambar berikut.

Gambar 5.2. Kotak dialog Open.

Klik Open untuk membuka ketiga tabel tersebut. Bila tidak seluruh bagian peta tampil di window peta, Klik tombol mouse di kanan pada window peta tersebut lalu pilih View Entire Layer. Atau Klik menu Map - View Entire Layer, pilih All Layers pada saat muncul kotak dialog View Entire Layer. Tampilan peta akan nampak sebagai berikut.

Gambar 5.3. Tampilan layer Bali, Jalan_Bali, dan Kota_bali.

Bila suatu saat anda mengklik tanda silang (Close) pada pokok kanan atas window peta, sehingga peta tidak tampil lagi di layar, anda dapat memunculkannya kembali dengan beberapa cara. Yang jelas layer tersebut masih aktif di memori dan anda tidak perlu mengaktifkan lagi melalui menu File - Open. Cara yang dapat digunakan adalah :

1.    Pilih menu Window - New Map Window. Bila ada lebih dari satu layer yang aktif, akan muncul kotak dialog berikut.

Gambar 5.4. Kotak dialog New Map Window.

Isikan Layer yang akan ditampilkan pada Map Tables. Agar layer yang satu tidak menutupi yang lainnya, gunakan urutan Layer titik, garis, dan area, sehingga urutannya menjadi 'Kota_Bali', 'Jalan_Bali', dan 'Bali'. Klik OK.

2.    Bila hanya salah satu layer yang muncul, untuk menampilkan layer yang lain, gunakan Layer Control dari menu Map. Atau klik toolbar Layer Control (Description: http://www.rsandgis.com/images/mapinfo/layer/image010.jpg) pada kelompok toolbar Main. Anda juga dapat menekan 'Ctrl+L' melaui keyboard. Bila kotak dialog Layer Control muncul, pilih Add. Penjelasan lebih detail tentang Layer Control akan dibahas di bagian lain bab ini.

 

(sumber : http://www.rsandgis.com/index.php?id=148)

 

Go to top